Diberdayakan oleh Blogger.

rss

Kamis, 25 April 2013

Walikota Bandung Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 49 di Lapas Sukamiskin-Bandung

  • Share


Bandung, BEDAnews


Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) tidak selamanya berperan sebagai obyek pembangunan dalam arti selalu menjadi beban negara, karena dalam arti selalu menjadi beban negara, karena dalam kondisi tertentu bisa menjadi subyek dan memberi warna terhadap pembangunan.

Demikian dikemukakan oleh Walikota Bandung Dada Rosada ketika memberikan sambutan pada acara peringatan hari Bhakti ke-49 Pemasyarakatan, di Lapas Klas I Sukamiskin, Kamis (25/4).

Peran tersebut lanjut Dada, didasari pemikiran bahwa warga binaan telah ditambah berbagai pelatihan keterampilan teknis yang bernilai ekonomi, sehingga, selepas menjalani pembinaan dapat mengembangkan keahlinannya, minimal untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga agar tidak terlalu bergantung kepada orang lain. “Keahlian tersebut justru akan membuat eks warga binaan dihargai oleh masyrakat selepas menjalani masa pembinaan,” ujarnya.

Menurut Dada, dengan situasi tersebut dapat dikatakan sebagai peluang kedua bagi warga lapas untuk bisa diterima oleh masyarakat, sekaligus, memperbaiki hal-hal yang salah dan khilaf sebagai manusia biasa dengan mengabdikan keahlian untuk berbagai kebaikan.

“Pada posisi ini peran lapas begitu penting, terutama dalam menciptakan suasana yang memungkinkan warga binaan mengembangkan kreativitas dan keahlian, sekaligus sebagai proses pembelajaran bersosialisasi dengan lingkungan yang akan dihadapi,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dada berharap peringatan hari bhakti ke-49 pemasyarakatan menjadi momentum peningkatan peran dan fungsi pembinaan, yang substansinya mempersiapkan fisik dan mental warga binaan agar benar-benar siap ketika kembali ke masyarakat.

“Akhirnya saya mengucapkan selamat memperingati hari bhakti ke-49 pemasyarakatan, Dirgahayu, semoga lemabga ini semakin maju dan menjadi pilar terdepan dalam membina warga,” pungkasnya. (Bd)



0 komentar:


Posting Komentar

PILIH BAHASA

Profil Kalapas Sukamiskin dari Masa ke Masa

BERSAMA KITA CHAT DISINI

DATA PENGHUNI "UPDATE"

LINK WEBSITE TERKAIT

 

free visitor counter

Followers