Diberdayakan oleh Blogger.

rss

Selasa, 18 Desember 2012

Pemerintah Siapkan Lapangan Kerja Khusus Mantan Napi

  • Share



JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah tengah mengupayakan pemberian lapangan kerja bagi narapidana. Mengingat, narapidana kerap kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan setelahmenjalani hukuman.

Lapangan kerja khusus residivis itu akan direalisasikan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri. Ketiganya yakni Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Menteri Sosial, dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans).

"Kami sedang menyusun SKB Tiga menteri. Nanti menjelang bebas mereka dilatih, nanti setelah bebas mereka akan ditawari oleh Kemensos untuk masuk ke bidang pekerjaan yang sesuai mereka," kata Dirjen Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kemenkumham, Sihabudin di sela-sela pameran Napi Craft 2012 di The East Building, kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Senin (17/12).

Selama menjalani masa tahanan di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan), narapidana mendapatkan pembinaan kemandirian melalui bengkel kerja. Lewat bengkel kerja ini, warga binaan diberikan berbagai ketrampilan sesuai minatnya.

Sihabudin menjelaskan, jelang bebas para napi yang memiliki keterampilan khusus akan dikumpulkan. Selanjutnya, mereka akan diberikan modal untuk menjalankan usaha sesuai bidang ketrampilan yang dikuasainya. Mereka juga akan mendapatkan pelatihan kerja dari Kemenakertrans.

Lebih lanjut, menurut Sihabudin, jenis usaha kerja yang ditawarkan kepada mantan napi tersebut beragam. Misalnya, usaha tambal ban, cukur rambut, pembuatan bola, dan lain sebagainya.

Ia memperkirakan, SKB Tiga menteri terkait pemberian lapangan kerja bagi mantan napi bisa direalisasikan tahun depan. "Nanti mereka bisa kongsi dengan teman-teman untuk mendirikan sebuah usaha. Insya Allah 2013 akan terealisasi," ujar Sihabudin.

Pemerintah Siapkan Lapangan Kerja Khusus Mantan Napi

0 komentar:


Posting Komentar

PILIH BAHASA

Profil Kalapas Sukamiskin dari Masa ke Masa

BERSAMA KITA CHAT DISINI

DATA PENGHUNI "UPDATE"

LINK WEBSITE TERKAIT

 

free visitor counter

Followers