Diberdayakan oleh Blogger.

rss

Senin, 03 Desember 2012

Sarana Kesenian di Lapas Sukamiskin Jadul

  • Share

Senin, 03 Desember 2012 00:43 WIB


BERKESENIAN tidak hanya milik orang yang bebas, tapi milik semua orang, termasuk penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas), seperti di Lapas Sukamiskin. Namun demikian, dibutuhkan sarana dan prasarana yang baik.

Selain itu, para penghuni lapas pun di samping perlu berkesenian, juga tetap perlu berolahraga agar mereka sehat selama menjalani pembinaan. Tapi, lagi-lagi perlengkapan olahraga yang ada tidak mencukupi, minim sekali.

Guna menanggulangi kekurangan kedua sarana tersebut, khususnya alat-alat kesenian, Lapas Sukamiskin terpaksa mengajukan bantuan kepada pihak lain, tapi sampai sekarang belum ada realisasinya.

Sarana kesenian di Lapas Sukamiskin sudah tua dan perlu diganti, sehingga pihak lapas mengajukan proposal bantuan ke PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pusat. Hal itu dikatakan kepala Lapas Sukamiskin, Dewa Putu Gede ketika duhubungi "GM" melalui telepon seluler, Minggu (2/12).

"Kita memiliki sejumlah alat musik, tapi sarananya sudah tua dan perlu diganti. Kami sudah ajukan proposal bantuan ke PT PLN pusat," ungkapnya. Menurutnya, pengajuan bantuan tersebut sudah diserahkan akhir November kemarin. "Pengajuannya sudah diserahkan minggu kemarin, semoga saja bisa disetujui," katanya.

Kendati sarana kesenian yang ada di lapas yang dikenal dengan lapas pariwisata karena memiliki nilai sejarah ini sudah tua, namun masih digunakan para narapidana untuk menyalurkan hobi berkesenian. Mereka masih bisa berkreativitas meskipun dengan menggunakan sarana yang ada.

"Alat musik dan sound system yang ada masih dimanfaatkan dan para napi yang memang memiliki jiwa seni bisa menggunakannya. Sekaligus untuk melepas kejenuhan selama mereka dibina di sini," paparnya.

Dikatakan Dewa, selain sarana kesenian, pihaknya juga mengajukan bantuan untuk sarana olahraga. Sebab sarana olahraga yang ada di Lapas Sukamiskin terbilang minim.

"Kita juga sudah ajukan untuk alat-alat olahraga, karena di sini masih kurang. Para napi juga butuh sarana olahraga. Makanya kami berharap pengajuan bantuan untuk sarana kesenian dan olahraga ini bisa disetujui," pungkasnya.

http://www.klik-galamedia.com/sarana-kesenian-di-lapas-sukamiskin-jadul

(laksmi sri sundari/"GM")**

0 komentar:


Posting Komentar

PILIH BAHASA

Profil Kalapas Sukamiskin dari Masa ke Masa

BERSAMA KITA CHAT DISINI

DATA PENGHUNI "UPDATE"

LINK WEBSITE TERKAIT

 

free visitor counter

Followers